5+ Cara Mencuci Jaket Waterproof Tanpa Merusak Lapisan Pelindungnya 

Cara Mencuci Jaket Waterproof – Jaket waterproof adalah pakaian yang penting untuk melindungi tubuh dari air dan angin. Namun, setelah digunakan beberapa kali, jaket waterproof dapat menjadi kotor dan perlu dicuci.

Namun, mencuci jaket waterproof membutuhkan perawatan khusus agar lapisan waterproof pada jaket tetap terjaga. Berikut adalah beberapa cara untuk mencuci jaket waterproof.

1. Persiapan Sebelum Mencuci Jaket

Sebelum mencuci jaket waterproof, pastikan Anda memeriksa label perawatan pada jaket. Label akan memberikan informasi tentang cara terbaik untuk mencuci dan merawat jaket waterproof. Selain itu, pastikan Anda membaca instruksi perawatan pada deterjen yang akan digunakan.

Memeriksa Instruksi Perawatan pada Label Jaket

Instruksi perawatan pada label jaket memberikan informasi tentang cara terbaik untuk mencuci dan merawat jaket. Pastikan untuk membaca instruksi dengan teliti untuk menghindari merusak jaket selama proses pencucian.

2. Membersihkan Noda pada Jaket Waterproof

Sebelum mencuci jaket waterproof, pastikan untuk membersihkan noda pada jaket terlebih dahulu. Ada beberapa cara untuk membersihkan noda pada jaket waterproof, tergantung pada tingkat keparahan noda tersebut.

Menyingkirkan Noda Ringan

Untuk noda ringan, Anda bisa membersihkannya dengan membersihkan noda tersebut dengan spons yang telah dicelupkan ke dalam air sabun. Bersihkan area noda dengan lembut, kemudian bilas dengan air bersih.

Mengatasi Noda Berat

Untuk noda berat, Anda bisa mencoba menggunakan pembersih noda yang dibuat khusus untuk jaket waterproof. Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan pada kemasan pembersih noda tersebut.

3. Mencuci Jaket Waterproof

Setelah membersihkan noda pada jaket waterproof, saatnya untuk mencuci jaket. Ada dua cara untuk mencuci jaket waterproof: menggunakan mesin cuci atau mencuci secara manual.

Memilih Deterjen yang Tepat

Pastikan Anda menggunakan deterjen yang tepat untuk mencuci jaket waterproof. Pilih deterjen yang tidak mengandung pelembut, pemutih, atau pengharum tambahan. Deterjen yang terlalu kuat dapat merusak lapisan waterproof pada jaket.

Menggunakan Mesin Cuci

Untuk mencuci jaket waterproof dengan mesin cuci, pastikan untuk mengatur mesin pada siklus pencucian yang lembut dan menggunakan air dingin atau hangat. Jangan gunakan pengering untuk mengeringkan jaket karena dapat merusak lapisan waterproof pada jaket.

Membersihkan Jaket Secara Manual

Jika Anda memilih untuk mencuci jaket secara manual, gunakan air dingin atau hangat dengan deterjen yang tepat. Gosok jaket dengan lembut dan bilas dengan air bersih.

4. Merawat Jaket Waterproof Setelah Dicuci

Setelah mencuci jaket waterproof, pastikan untuk merawat jaket agar tetap awet dan tahan lama.

Menjemur Jaket

Setelah dicuci, jangan langsung menggantung jaket di dalam ruangan atau terkena sinar matahari langsung. Sebaiknya, gantung jaket di luar ruangan pada tempat yang teduh dan berangin. Hindari menggulung jaket saat menjemurnya karena bisa merusak lapisan waterproof.

Menggunakan Penghalau Air

Anda juga bisa menggunakan penghalau air untuk melindungi jaket dari kerusakan akibat air. Semprotkan penghalau air pada jaket saat sudah kering dan ikuti petunjuk penggunaan pada kemasan.

Merawat Ritsleting dan Velcro

Pastikan untuk merawat ritsleting dan velcro pada jaket waterproof. Bersihkan kotoran dan debu dari ritsleting dan velcro dengan sikat gigi lembut dan sedikit sabun.

Cara Menjaga Keawetan Lapisan Waterproof Pada Jaket

Berikut adalah beberapa cara menjaga keawetan lapisan waterproof pada jaket:

  1. Hindari mencuci jaket terlalu sering. Cuci jaket hanya ketika benar-benar diperlukan, seperti ketika kotor atau berbau tidak sedap. Gunakan deterjen yang lembut dan hindari menggunakan pemutih atau pelembut kain.
  2. Periksa label perawatan pada jaket untuk mengetahui petunjuk perawatan yang tepat. Beberapa jaket mungkin harus dicuci dengan air dingin atau hanya dicuci tangan.
  3. Jangan gunakan pengering mesin untuk mengeringkan jaket. Sebaliknya, gantung jaket di tempat yang terkena angin dan matahari atau gunakan pengeringan udara pada suhu rendah.
  4. Jangan menyetrika jaket karena panas dapat merusak lapisan waterproof pada jaket.
  5. Lindungi jaket dari bahan kimia seperti minyak atau bensin, karena bahan kimia ini dapat merusak lapisan waterproof pada jaket.
  6. Saat tidak digunakan, simpan jaket di tempat yang kering dan terlindung dari sinar matahari langsung.
  7. Jangan gunakan pemutih atau penghilang noda pada jaket, karena ini dapat merusak lapisan waterproof pada jaket. Sebaliknya, gunakan sabun atau deterjen yang lembut untuk membersihkan noda pada jaket.
  8. Periksa jaket secara teratur untuk melihat apakah lapisan waterproof masih berfungsi dengan baik. Jika air tidak lagi menangkal pada permukaan jaket, pertimbangkan untuk mengganti lapisan waterproof pada jaket.

Cara Menangani Jaket Waterproof yang Rusak atau Sobek

Berikut beberapa cara menangani jaket waterproof yang rusak atau sobek:

  1. Jika sobekannya kecil, Anda bisa memperbaikinya dengan menggunakan lem khusus untuk bahan waterproof. Oleskan lem pada sobekan, tekan dengan kuat, dan biarkan mengering.
  2. Jika sobekannya besar, Anda bisa membawa jaket ke tukang jahit atau tempat reparasi outdoor terdekat untuk diperbaiki. Mereka biasanya memiliki alat dan bahan yang tepat untuk memperbaiki jaket waterproof dengan baik.
  3. Jika jaket Anda tidak lagi tahan air karena lapisan waterproof-nya rusak, Anda bisa mencoba memperbaikinya dengan mengaplikasikan bahan waterproof seperti Nikwax atau Gore-Tex. Ikuti instruksi pada label bahan tersebut dan pastikan jaket Anda kering sebelum diaplikasikan.
  4. Jika jaket Anda sudah terlalu parah rusaknya, mungkin lebih baik untuk membeli jaket baru. Pastikan untuk memilih jaket yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan sesuai dengan aktivitas outdoor yang akan dilakukan.

Bagaimana Merawat Jaket Waterproof dengan Benar Agar Tetap Awet?

Untuk menyimpan jaket waterproof dengan benar agar tetap awet, ada beberapa tips yang dapat diikuti:

  1. Bersihkan jaket sebelum disimpan: Pastikan jaket dalam keadaan bersih dan kering sebelum disimpan. Jika jaket masih kotor atau basah, bisa menyebabkan bau tidak sedap dan bahkan jamur.
  2. Simpan di tempat yang kering dan sejuk: Simpan jaket di tempat yang kering dan sejuk, hindari tempat yang terkena sinar matahari langsung atau panas. Jangan juga menumpuk jaket dengan benda berat di atasnya.
  3. Simpan dalam kondisi terlipat dengan rapi: Lipatlah jaket dengan rapi agar tidak ada lipatan yang terlalu berat, sehingga bisa merusak bahan jaket. Tapi juga tidak terlalu kecil lipatan, karena bisa meninggalkan bekas lipatan di jaket.
  4. Hindari penggunaan hanger: Jangan menyimpan jaket di gantungan baju, terutama dengan hanger. Hal ini dapat menyebabkan bahan jaket mengalami distorsi dan menyebabkan masalah di area bahu dan kerah.
  5. Simpan dengan bahan pengering: Menambahkan bahan pengering seperti silica gel atau kantung khusus yang menyerap kelembaban, dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur dan bau tidak sedap.
  6. Jangan disimpan dalam plastik: Hindari menyimpan jaket dalam kantong plastik karena akan membuat kelembaban terjebak di dalam jaket dan bisa menimbulkan bau tidak sedap atau bahkan jamur.

Dengan mengikuti tips di atas, jaket waterproof akan tetap awet dan siap digunakan kapan saja saat dibutuhkan.

Kesimpulan

Mencuci jaket waterproof membutuhkan perawatan khusus agar lapisan waterproof pada jaket tetap terjaga. Pastikan untuk membaca label perawatan pada jaket dan memilih deterjen yang tepat.

Setelah dicuci, jangan lupa merawat jaket agar tetap awet dan tahan lama. Dengan perawatan yang tepat, jaket waterproof dapat terus digunakan dan melindungi tubuh dari air dan angin.

Perhatian: Informasi ini dihimpun dari beberapa sumber. Data di atas merupakan data terakhir saat artikel dibuat. Jika ada ketidak validan atau ada data terbaru, silahkan beritahu kami untuk segera diperbaiki. Terima kasih.

Perhatian: Informasi diatas dihimpun dari beberapa sumber. Data di atas merupakan data terakhir saat artikel dibuat, namun dapat Anda jadikan estimasi. Mohon maaf jika ada ketidak validan data dan jika ada data terbaru silahkan beritahu kami untuk segera diperbaiki. Terima kasih Sobat Kaca Wisata.

Tinggalkan komentar

shopee website
Back to top