Wisata Kampung Marengo Baduy Luar : HTM, Jam Buka, & Lokasi

Wisata alam apa yang Anda tahu selain pantai, gunung, bukit, danau (alami) atau persawahan? Kalau mau wisata alam yang berbeda dan ada tantangannya, datanglah ke wisata Kampung Marengo Baduy Luar Kabupaten Lebak Banten.

Untuk menjelajahi wisata terbaik ini, tiket masuk wisata Kampung Marengo Baduy Luar hanya Rp 5.000 per orang. Sebuah harga yang murah dan menawarkan wisata alam yang mewah, berbeda dari tempat wisata lain yang Anda ketahui.

Tidak banyak juga yang tahu kalau ada paket-paket tour wisata Kampung Marengo Baduy Luar. Bahkan mungkin Anda sendiri juga belum tahu. Karena memang lebih banyak yang memilih wisata di kota besar seperti Bali, Yogyakarta, Malang dan lainnya.

Review Wisata Kampung Marengo Baduy Luar

Foto Suasana Wisata Kampung Marengo Baduy Luar
Foto Suasana Wisata Kampung Marengo Baduy Luar. Sumber: google maps Raynardthan Pontoh

Tentu Anda sudah tahu kalau Baduy menjadi salah satu suku yang ada di tanah air. Suku Baduy yang mendiami tanah Banten ini dikenal sebagai suku yang “murni”. Maksudnya, suku Baduy belum banyak terkontaminasi dengan budaya lain.

Di Lebak, Banten, ada Baduy Luar dan Baduy Dalam. Suku Baduy Luar masih menerima budaya atau hal lain dari luar, meski tidak banyak. Berbeda dengan Baduy Dalam, no phone, no camera, no technology.

Kedua wilayah ini dibatasi oleh sebuah jembatan kayu. Jembatan yang menjadi batas Baduy Luar (Desa Gajebo) dengan Baduy Dalam (Desa Cibeo). Baduy Luar masih menerima wisatawan yang berkunjung untuk menikmati dan mendokumentasi keadaan di sana.

Daya Tarik Wisata Kampung Marengo Baduy Luar

Sudah banyak didatangi oleh wisatawan, bahkan dari luar kota/pulau. Lalu, apa daya tariknya wisata Kampung Marengo Baduy Luar?

Desa yang Alami

Memasukki daerah di Baduy, Anda akan langsung merasakan kealamian tempat tersebut. Tidak ada listrik di sana. Di siang hari, Anda akan melihat sungai, jalanan bebatuan, pepohonan yang asri dan anak-anak yang riang bermain tanpa gadget.

Sedangkan pada malam hari, gelap tanpa penerangan, sunyi dan hanya terdengar aliran air sungai atau suara-suara alam. Maka dari itu, warga Baduy tidurnya sebelum jam 10 malam.

Rumah Kayu

Foto Rumah Kayu Wisata Kampung Marengo Baduy Luar
Foto Rumah Kayu Wisata Kampung Marengo Baduy Luar. Sumber: google maps Rahma Rahel Junior

Daya tarik kedua adalah semua tempat tinggal penduduk Baduy adalah rumah kayu. Perabotannya pun berbahan kayu. Bahkan rumah milik pemimpin adat, juga rumah kayu.

Bedanya, rumah orang nomor satu di tempat tersebut, terletak sedikit lebih tinggi posisinya dibandingkan rumah warga. Ada hal yang harus wisatawan ketahui saat mengunjungi wilayah Baduy.

Rumah pemimpin adat suku Baduy (Pu’un) hanya bisa dilihat dari luar atau lewat pagarnya saja. Rumah Pu’un adalah satu-satunya rumah, yang tidak boleh dimasukki apalagi ditinggali oleh wisatawan.

Budaya dan Aturan Kental

Meski wisatawan masih bisa mendokumentasikan aktivitasnya di Baduy Luar, tetapi harus memahami dan menaati aturan-aturan yang berlaku. Di Baduy, tidak ada sampah yang berserakan.

Kalau Anda datang, jalanan bersih. Jangankan sampah plastik atau kemasan makanan, selembar daun jatuh pun tak ada.

Durian Baduy

Foto Durian Baduy Wisata Kampung Marengo Baduy Luar
Foto Durian Baduy Wisata Kampung Marengo Baduy Luar. Sumber: google maps sulistyorini tri wulandari

Jika Anda datang saat musim durian, jangan lupa untuk cicipi dan beli durian Baduy yang terkenal manis. Kalau beruntung, Anda bisa mendapatkan 5 buah durian Baduy dengan total harga Rp 100.000.

Harga Tiket Masuk Wisata Kampung Marengo Baduy Luar

Kemudian, harga tiket masuk wisata Kampung Marengo Baduy Luar adalah Rp 5.000 per orang. Di pintu masuk, wisatawan harus mengisi buku tamu. Lalu membayar tiket murah tersebut.

Lokasi Wisata Kampung Marengo Baduy Luar

Wisata Kampung Marengo Baduy Luar Kabupaten Lebak Banten terletak di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar. Jaraknya sekitar 40 km dari Rangkasbitung.

Rute Menuju Wisata Kampung Marengo Baduy Luar

Dimulai dari Terminal Ciboleger dengan travel mini dari Rangkasbitung. Dilanjutkan hiking, berjalan kaki melewati jalanan desa. Untuk ke jembatan kayu, akan melalui Desa Cipondoh, Kadu Ketug 1, Cijeruk, Blimbing, Marengo dan Gajeboh. Seperti peta berikut.

Jam Operasional Wisata Kampung Marengo Baduy Luar

Berikut adalah jam buka Wisata Kampung Marengo Baduy Luar.

HariJam Operasional
Setiap Hari24 Jam
Jam Buka Wisata Kampung Marengo Baduy Luar

Fasilitas Wisata Kampung Marengo Baduy Luar

Foto Kios Oleh-Oleh Wisata Kampung Marengo Baduy Luar
Foto Kios Oleh-Oleh Wisata Kampung Marengo Baduy Luar. Sumber: google maps Kang Yandi

Beberapa fasilitas wisata Kampung Marengo Baduy Luar yang akan Anda temui, di antaranya:

  • Penjual tongkat kayu
  • Jasa porter (membawa barang Anda) Rp 150.000
  • Kios oleh-oleh di rumah-rumah warga
  • Kamar mandi
  • Dapur bersama

Tips Berkunjung ke Wisata Kampung Marengo Baduy Luar

Siap ke wisata Kampung Marengo Baduy Luar? Tunggu dulu, silakan disimak tips berikut.

  • Anda bisa ikut open trip, yang berangkat dengan rombongan Anda atau digabung dengan orang lain yang keberangkatannya sama. Bisa juga backpacker bersama grup sendiri.
  • Kalau Anda adalah orang yang sedikit susah beradaptasi dalam hal makanan, lebih baik bawa perbekalan dari rumah. Apalagi jika Anda ingin memasak bersama warga di Kampung Marengo Baduy Luar. Bawa bumbu dan makanan sendiri, usahakan bawa lebih banyak untuk berbagi dengan warga Marengo. Termasuk membawa beras. Karena di Baduy Luar tekstur nasinya lebih kering. Di sana menggunakan padi huma yang ditanam pada tanah mineral.
  • Gunakan sepatu atau sandal gunung. Karena kontur jalannya bukan aspal halus.
  • Kalau barang bawaan Anda cukup banyak dan tidak terbiasa hiking, lebih baik gunakan jasa porter yang tersedia di sana.
  • Bawa air minum yang cukup dan gunakan pakaian yang sesuai. Ingat, ini hiking bukan ke pantai.
  • Pahami “pikukun” atau larangan adat yang berlaku di suku Baduy.
  • Anda juga bisa bawa oleh-oleh untuk warga di sana. Minimal untuk pemilik rumah yang Anda tempati.

Hotel Dekat Wisata Kampung Marengo Baduy Luar

Untuk penginapan, Anda bisa bermalam di Imah Baduy (rumah warga Baduy, selain pemimpin adat). Anda bisa beramah tamah dan menikmati malam satu atap bersama si pemilik rumah. Anda juga bisa menginap di luar Baduy, yaitu di:

  • Penginapan Sederhana Terminal Ciboleger

Selain itu, jika Anda berniat datang ke Kampung Marengo pada pagi hari dan sudah sampai di Rangkasbitung pada siang/sore sebelumnya. Bisa pilih penginapan di Rangkasbitung, seperti:

  • Wisma Sugri
  • Hotel Bumi Katineung
  • Hotel Wijaya
  • Rahaya Resto dan Resort
  • Hotel Mutiara
  • Hotel Kharisma Rangkasbitung

Penutup

Sekian informasi Wisata Kampung Marengo Baduy Luar Kabupaten Lebak Banten dari Kacawisata. Wisata alam, sekaligus budaya, yang terbaik, populer dan memberikan pengalaman berbeda.

Perhatian: Informasi diatas dihimpun dari beberapa sumber. Data di atas merupakan data terakhir saat artikel dibuat, namun dapat Anda jadikan estimasi. Mohon maaf jika ada ketidak validan data dan jika ada data terbaru silahkan beritahu kami untuk segera diperbaiki. Terima kasih Sobat Kaca Wisata.

shopee website
Back to top